Pendidikan

Iklim belajar yang menyenangkan kunci keberhasilan dan efektivitas pembelajaran

Lokakarya Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Pembelajaran yang Inovatif dan Kreatif

dwi Rohmadi | Senin, 07 September 2020 - 10:44:23 WIB | dibaca: 320 pembaca

Lokakarya

SELURUH dosen STIT Pringsewu, Kamis, 3 September 2020 mengikuti lokakarya penggunaan teknologi informasi untuk pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan menyenangkan. Narasumber dan instruktur lokakarya ini adalah Dr. Moh. Masrur, Nurhadi Kusuma, MM., dan Ruly Nadian Sary, M.Pd.I. Materi yang diajarkan antara lain tentang penggunaan aplikasi pembelajaran model blended learning, pembuatan Learning Management System, dan pembelajaran jarak jauh. Para peserta diwajibkan membuat model pembelajaran atau kelas tertentu yang nantinya diterapkan dalam kelas-kelas mereka.

Ketua STIT Pringsewu Dwi Rohmadi Mustofa, M.Pd., mengatakan, lokakarya ini merupakan bagian dari agenda rutin akademik. Para dosen terus didorong kemampuan dan keterampilannya dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran yang mereka lakukan. "Melalui lokakarya ini diharapkan para dosen terus mengembangkan kapasitas dan kapabilitas, terutama dalam penggunaan perangkat pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi," ujarnya.

Dwi Rohmadi melanjutkan, pembelajaran akan efektif bila dikemas dalam suasana yang menyenangkan, sesuai dengan kondisi mahasiswa, dan lingkungan belajar yang mendukung. Keterampilan-keterampilan menggunakan teknologi sudah menjadi tuntutan bagi para dosen di era sekarang. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, di mana pembelajaran jarak jauh dan virtual merupakan salah satu prioritas, dalam rangka mengurangi kerumunan dan mengurangi potensi penyebaran virus Covid-19.

Selain itu, di masa datang penggunaan teknologi dan perangkatnya akan semakin masif dan intens bagi semua orang. Sehingga, dosen juga harus adaptif terhadap berbagai perkembangan dan kemajuan teknologi.

menurut Dwi Rohmadi, meskipun metode dan alat pembelajaran bukan tujuan utama belajar, tetapi merupakan komponen utama dalam pendidikan dan pembelajaran.  

  










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)