Penelitian

Rangsang Mahasiswa Kreatif dan Produktif Menulis

Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah dan Publikasi Jurnal

admin | Minggu, 22 September 2019 - 20:39:58 WIB | dibaca: 93 pembaca

Pelatihan Jurnal

Mahasiswa STIT Pringsewu yang akan menyusun tugas akhir atau skripsi, diwajibkan membuat karya tulis ilmiah yang kemudian diterbitkan dalam bentuk jurnal. Tugas ini menjadi media untuk mengasah keterampilan berpikir dan bersikap ilmiah, sebagai insan akademik.

Untuk mengefektifkan kegiatan ini, mahasiswa dibekali dalam bentuk pelatihan yang dilaksanakan pada Sabtu (21/09) di kampus setempat. Selain itu, mahasiswa dalam prosesnya juga mendapat bimbingan dari dosen. Dengan demikian, mahasiswa membangun kesiapan diri baik yang bersifat akademik maupun nonakademik.

Ketua STIT Pringsewu Dwi Rohmadi Mustofa, M.Pd., mengatakan, penulisan jurnal bagi mahasiswa ini dimaksudkan untuk membekali mahasiswa perangkat pengetahuan dan kemampuan sebagai bagian dari masyarakat ilmiah.

“Sebagian ciri masyarakat ilmiah adalah mengemukakan pikiran dan pendapat berdasarkan data, sistematis, analisis kritis dan logis, diskusi beralas argumentasi, serta penyampaian berdasarkan etika,” ujarnya.

Melalui penulisan karya ilmiah yang nantinya diterbitkan dalam bentuk jurnal, lanjut Dwi Rohmadi, mahasiswa dilatih menuangkan hasil pembelajaran dalam bentuk karya tulis. Selain produktif menulis, mahasiswa diharapkan melengkapi diri dengan keterampilan lunak, yang nantinya berkembang dan bermanfaat dalam kiprah nyata di masyarakat.

Program jurnal ilmiah bagi mahasiswa ini, menurut Dwi Rohmadi, merupakan kegiatan wajib akademik. Dari kegiatan ini, ditargetkan mahasiswa memiliki publikasi ilmiah dan terekam dalam jejaring digital.

Pelatihan ini diisi oleh narasumber Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Muhtarom, M.Sc., Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Nurhadi Kusuma, MM., dan Wakil Ketua I Bidang Akademik Mohammad Masrur, M.Pd.I. (*)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)