STIT Pringsewu Kuliah Umum Peran Bahasa Arab dalam Pengembangan Pendidikan
Narasumber Syaikh Mahmud Ibnu Abdullah Ibnu Mahmud Al Syarif dari Mesir

By Admin STIT 10 Des 2019, 14:18:27 WIB Pendidikan
STIT Pringsewu Kuliah Umum Peran Bahasa Arab dalam Pengembangan Pendidikan

Keterangan Gambar : Kuliah Umum Syaikh


PRINGSEWU – Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pringsewu mengadakan kuliah umum bertema Urgensi Bahasa Arab dalam Pengembangan Pendidikan Islam, Sabtu (7/12) di aula kampus setempat. Kuliah umum yang menghadirkan narasumber Syaikh Mahmud Ibnu Abdullah Ibnu Mahud Al Syarif dari Mesir ini diikuti ratusan mahasiswa dan dosen. 
Syaikh Mahmud dalam paparannya mengatakan, Bahasa Arab merupakan bahasa yang sangat penting bagi persatuan umat Islam. Selain sebagai bahasa yang digunakan dalam Al-Qur’an, bahasa Arab juga penting sebagai bahasa komunikasi antarbangsa.
“Sama seperti bahasa nasional di suatu negara yang memiliki banyak bahasa daerah, bahasa Arab juga berfungsi sebagai pemersatu bagi umat Islam,” ujarnya.
Menurut dia, bahasa Arab itu mudah dipelajari bila memiliki niat yang baik. Sebaliknya akan dirasakan sulit bila mempelajari bahasa Arab dengan maksud untuk tujuan negatif. Itu semua datangnya dari Allah SWT. “Jadi belajar bahasa Arab diniatkan untuk ilmu pengetahuan dan ibadah,” imbuh anggota Lembaga Penelitian Ekonomi Islam Universitas Al Azhar ini.
Syaikh Mahmud yang telah banyak menulis buku ini menambakan, Bahasa Arab juga memiliki banyak kosa kata, untuk mengartikulasikan suatu ide atau pendapat. 
Bahasa Arab, lanjutnya, berperan penting dalam dakwah dan pengembangan Islam. 
Syaikh Mahmud juga menjelaskan beberapa kaidah dalam bahasa Arab serta cara mepelajarinya. “Para mahasiswa yang duduk di perguruan tinggi ini adalah jenjang terakhir dalam pendidikan. Jadi belajarlah yang sungguh-sungguh dan bertanggungjawab. Kalian sudah dewasa, yang berbeda dengan pelajar di jenjang sekolah,” papar pria kelahiran Jalur Gaza ini.
Sementara itu, Ketua STIT Pringsewu Dwi Rohmadi Mustofa, M.Pd., mengatakan, kuliah umum dengan menghadirkan dosen tamu merupakan program rutin akademik. Kegiatan seperti ini dimaksudkan untuk menambah cakrawala wawasan mahasiswa, khususnya dalam peenggunaan bahasa Arab. “Dengan menghadirkan penutur asli, mahasiswa dapat memiliki perbandingan yang nyata dalam penggunaan bahasa Arab,” tuturnya.
Mahasiswa sangat antusias mengikuti kuliah umum yang dimoderatori Ustadz Moh. Masrur, M.Pd.I., ini. Saat sesi tanya jawab, puluhan mahasiswa memberikan respon dan tanya jawab. (*) 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment