STIT Pringsewu Seminar Penulisan Buku & Workshop Aplikasi OJS

By Admin STIT 14 Sep 2017, 22:14:32 WIB Pengabdian Masyarakat
STIT Pringsewu Seminar Penulisan Buku & Workshop Aplikasi OJS

PRINGSEWU – Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pringsewu menggelar seminar Penulisan Buku dan Workshop Open Journal System (OJS), Rabu (13/9) di aula kampus setempat Jl. Wonokriyo, Gadingrejo.

Kegiatan itu menghadirkan narasumber Muslihudin, MTI., diikuti seluruh dosen STIT dan STMIK Pringsewu, STEBI Tanggamus, dan STIT Multazam Lampung Barat.

Ketua STIT Pringsewu Dwi Rohmadi Mustofa, M.Pd., mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk mendorong para dosen lebih produktif dalam menulis buku, baik buku ajar, referensi, maupun buku ilmu pengetahuan yang bersifat pengayaan. Selain itu juga agar dosen lebih aktif dalam mempublikasikan hasil-hasil penelitian melalui jurnal, terutama jurnal berbasis online terbuka.

Baca Lainnya :

Dengan demikian, lanjut Dwi Rohmadi, hasil karya dosen lebih dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang lebih luas. Buku karya dosen dapat dimanfaatkan untuk bahan perkuliahan dan dapat terindeks di Google Scholar serta terindeks di portal jurnal SINTA di Kemenristek Dikti.

“Menulis, meneliti, dan memfasilitasi belajar mahasiswa merupakan tugas dan fungsi dosen, yang melekat sepanjang hayat. Oleh karena itu keterampilan dan kemampuan menulis dan publikasi ilmiah perlu terus diasah. Dalam seminar dan workshop ini peserta dapat menggali pengalaman dari narasumber,” tutur pria yang juga Sekretaris LP Ma’arif NU Provinsi Lampung ini.

Dwi Rohmadi berharap seminar dan workshop ini menghasilkan produk draft buku ajar siap terbit dan publikasi jurnal yang lebih intensif.

 Sementara itu Muslihudin menjelaskan, publikasi buku, karya ilmiah maupun hasil-hasil penelitian di kalangan dosen harus terus ditingkatkan. Publikasi ilmiah, tutur  Muslihudin, selain berfungsi sebagai pengebangan kapasitas diri dan karier, juga membantu meningkatkan kontribusi perguruan tinggi. (M. Idris)

 

 

 

 

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment